Day 8: 5 Inspirasi Liburan Favorit Ala Backpacker #BPNRamadan2021


Liburaaan! Denger kata itu jadi makin kangen deh. Maklum setahun terakhir ini bener-bener vakum jalan-jalannya karena pandemi. Sampai sekarang saya belum berani untuk pergi jauh-jauh antar kota apalagi antar negara. Paling mentok sebagai hiburan sekarang cuma bisa lihat foto-foto liburan yang lalu. Tapi, itu malah jadi bikin makin pengen liburan huhuhu. 

Berhubung tema BPN hari ini adalah tentang tempat liburan favorit, saya akan sedikit cerita tentang destinasi apa aja yang jadi tempat dan momen liburan favorit saya. Ngga cuma memberikan kesan tersendiri aja saat ke sana, tapi tempat-tempat liburan ini juga ramah kantong bagi yang suka liburan ala backpacker alias hemat budget. Semuanya ada di Indonesia dan bisa ditempuh menggunakan jalur darat bagi yang tinggal di Pulau Jawa. 

Main-main di Bukit Teletubbies Bromo, Malang

Salah satu yang membuat kota Malang menjadi spesial adalah Gunung Bromo. Banyak yang menjadikan Bromo sebagai tujuan utama ke Malang. Termasuk saya. Meskipun bukan yang hobi ke gunung, tapi saya cukup penasaran ingin merasakan juga liburan ke Bromo. Bukan penasaran dengan sunrise di Penanjakan atau Pasir Berbisik, saya justru ingin banget melihat Bukit Telettubies.


Saya penasaran bagaimana sih rasanya dikelilingi hamparan bukit-bukit hijau? Saya penasaran ingin berfoto dengan latar Bukit Teletubbies biar  terasa seperti di New Zealand gitu deh hehe. Sayangnya, waktu ke sana akhir 2019 lalu, warna savanahnya agak menguning. Tapi, tenang aja, meskipun warna savanahnya agak kuning tetap terlihat cantik kok.


Diving di Pulau Tidung

Kepulauan Seribu sering dijadikan tujuan short escape bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Terutama bagi yang suka wisata pantai dan aktivitas air. Selain jaraknya ngga terlalu jauh, budget nya pun lumayan terjangkau. Tinggal disesuaikan tujuan ke pulaunya untuk apa. Apa sekedar bersantai? Jalan-jalan? Atau snorkeling dan diving?


Kalau saya waktu itu ke Pulau Tidung tujuannya adalah diving. Gaya-gayaan banget deh padahal snorkeling aja belum pernah. Eh tau-tau langsung cobain diving. Waktu berangkat ke sana sih excited banget karena saya emang hobi renang jadi kalau lihat air ya senang-senang aja. Tapi, begitu sampai di tengah lautan dan dipandu oleh buddy diving untuk menyelam ke dasar, seketika saya langsung takut dan pengen balik naik ke perahu lagi aja deh.

Lalu saya mikir, hmm buat apa udah jauh-jauh ke tengah laut tapi ngga melakukan tujuan utamanya? Akhirnya saya memberanikan diri masuk ke dalam laut. Sampai di dasar udah ada teman-teman yang lainnya lagi asyik foto sama ikan-ikan. Saya berhasil mengalahkan rasa takut dan malah betah di bawah laut dan jadi males naik haha. 

Selfie Bawah Air di Umbul Ponggok, Klaten

Umbul atau kolam mata air alami cukup banyak ditemukan di Klaten. Sayangnya waktu ke sana saya cuma bisa menjambangi Umbul Ponggok aja, padahal rencananya mau ke umbul yang lainnya. Tapi, baru ke satu umbul aja udah seneng, gimana kalau bisa ke umbul-umbul lainnya? Yang suka main air pasti seneng banget ke tempat ini. Airnya bersih dan segar banget. Pertama kali nyemplung memang kerasa lumayan dingin, tapi kalau udah masuk ke dalam kolam jadi ngga mau naik deh.


Yang bikin Umbul Ponggok paling nge-hits di antara umbul yang lain, di sini bisa snorkeling dan selfie di dalam air sambil ditemenin ikan-ikan dan properti yang seharusnya ngga ada di dalam air. Misalnya, motor, sepeda, bangku, bahkan TV dan juga laptop. Langsung berasa masuk ke Bikini Bottom, jadi tetangganya Spongebob. Tapi, sayangnya saya ngga berhasil underwater selfie kece di sana hiks.


Camping Ceria di Rancaupas, Ciwidey

Bosan dengan liburan yang gitu-gitu aja? Camping atau berkemah bisa dicoba lho! Bukan yang benar-benar kemah di gunung atau hutan yang jauh dari mana-mana, tapi ini di area perkemahan gitu. Yang fasilitasnya lengkap, ada toilet, ada masjid, dan yang paling penting ada banyak tukang jajanan jadi ngga kelaperan hehehe. Waktu itu saya cobain camping di Rancaupas, karena ingin liburan dengan suasana berbeda dan juga ingin foto dengan rusa!


Ceritanya sih biar lebih merasakan menyatu dengan alam saya ingin coba tidur di tenda. Atau rebahan di depan tenda sambil liatin rasi bintang. Kenyataannya saya malah kurang bisa tidur nyenyak karena kedinginan banget hahaha. Maklum biasa hidup di Bekasi nan gersang, ngga biasa di tempat sejuk. Meski begitu camping di Rancaupas masuk ke dalam daftar liburan favorit. Mungkin lain kali kalau mau camping lagi, persiapan menghalau dinginnya harus lebih matang.


Menanti Sunrise di Bukit Sikunir, Dieng

Dieng jadi destinasi liburan terakhir saya sebelum pandemi melanda. Paaas banget sebulan sebelum diberlakukan lockdown di mana-mana. Saya terbilang beruntung masih bisa menikmati sunrise di Bukit Sikunir sebelum pandemi. Di mana orang-orang masih bebas untuk ngga jaga jarak alias dempet-dempetan nungguin si matahari terbit.



Bukit Sikunir, konon katanya bukit ini adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise di Indonesia, bahkan punya julukan sendiri, Golden Sunrise. Tapi, memang bener sih, pemandangan sunrise-nya bener-bener bagus. Rasa lelah naik-naik ke puncak bukit akhirnya terbayar waktu matahari sedikit-sedikit mengintip dari balik gunung. Pemandangannya bakal lebih epik lagi kalau ke sananya pas lagi banyak kabut. Beneran terasa seperti di atas awan. 


    Baca juga: Mengejar Matahari di Negeri atas Awan, Dieng


Itu dia 5 destinasi dan momen liburan yang menjadi favorit saya. Semoga bisa menginspirasi buat yang perlu rekomendasi liburan. Kalau kalian, tempat liburan favoritnya ke mana?

No comments:

Powered by Blogger.