Review The Silence (2019), Gabungan A Quiet Place dan Bird Box?

Mau review sedikit tentang The Silence, film terbaru keluaran Netflix. Kalau dilihat dari sinopsis dan trailernya, sekilas kaya gabungan A Quiet Place dan Bird Box, berkisah tentang sebuah keluarga yang berusaha untuk survive dari kejaran kerumunan makhluk yang sangat sensi terhadap suara. Jadi, untuk menghindar dari makhluk ini mereka ga boleh bersuara sama sekali dan mengandalkan bahasa isyarat.


Adegan pertama diawali dengan sekelompok orang yang sedang melakukan ekspedisi di sebuah gua terpencil. Tiba-tiba dari dalam muncul sekerumunan kelelawar yang kemudian menewaskan kelompok tersebut. Dari sinilah teror dimulai. Berbeda dengan A Quiet Place, dari awal The Silence udah kasih tau bentuk makhluk yang akan meneror dan juga diceritakan dari mana si kelelawar ini berasal.

the monster
Tipikal film-film post-apocalypse, pemeran utamanya bisa survive, walaupun agak ga masuk akal. Begitu pun dengan film ini banyak yang ga masuk akalnya. Dari pertama udah ga begitu jelas, kenapa keluarga si Ally (Kiernan Shipka) ini malah lebih memilih pergi dari rumah padahal belum tau tujuan mereka ke mana, tempat mereka pun juga belum diserang sama makhluk ini.

Kalau Bird Box udah jelas, mereka menuju ke tempat aman yang mereka dengar dari radio. Kalau The Silence ini mereka langsung aja buru-buru ninggalin tempat tinggal mereka padahal di luar sana lebih bahaya dan mereka bawa nenek-nenek yang udah lumayan lemah juga anjing peliharaan mereka yang pasti berisik kalau liat yang ga beres. Kenapa mereka ga diam aja di rumah dulu, tutup semua pintu dan jendela sampai dapat kabar ada tempat aman untuk jadi tempat mereka berlindung selanjutnya. Tapi yaudah deh namanya juga plot filmnya begitu.

scene yang sedih dan tega



ibu dan neneknya membingungkan saya karena mirip banget dari wajah dan tingkat ketuaannya

Sebenernya si makhluk ini juga ga kuat-kuat banget, gampang dimatiinnya. Pake pistol juga langsung mati. Jadi, emang kurang menegangkan. Lebih menegangkan waktu ada kelompok aneh yang mulai mengancam mereka. Memang manusia lebih serem dan berbahaya sih ya. Tapi, tetep ada ga jelasnya karena si kelompok aneh ini ga jelas tujuan dan motivasinya apa. Ya, namanya juga kelompok aneh.


kelompok aneh dan sesat

berusaha mengajak orang-orang untuk ikut aliran mereka

Secara keseluruhan film ini ga sebanding dengan A Quiet Place dari tingkat ketegangannya. Dari plotnya juga masih kurang kali ya. Tapi, lumayan untuk ditonton kalo lagi ga ada tontonan.

image source: IMDB

No comments:

Powered by Blogger.