Day 15: Selain Bahasa Inggris, Inilah Bahasa Asing yang Ingin Saya Kuasai #BPNRamadan2021


"Kuasai bahasa, kuasai dunia"

Begitulah kata sebuah pepatah. Eh, gimana maksudnya? Apa kalau jago bahasa bisa langsung jadi penguasa dunia?

Menguasai berbagai bahasa adalah cita-cita saya sejak dulu. Sayangnya, selain Bahasa Inggris, bahasa asing lain yang saya pelajari ngga pernah sampai full. Sebagian besar hanya masih tahap dasar aja. Ini dia bahasa-bahasa yang masih ingin saya pelajari dan kuasai.

Jepang

Bahasa Jepang masuk dalam mata pelajaran sewaktu saya SMA. Dulu sempat mengambil les tambahan Bahasa Jepang juga selama beberapa bulan. Tapi, setelah lulus sekolah udah ngga bener-bener saya gunakan lagi bahasanya. Alhasil, udah banyak kosakata yang lupa. Kalau ada kesempatan lagi, mau banget lanjutin belajar Bahasa Jepang.

Mandarin

Sewaktu kuliah, Bahasa Mandarin jadi mata kuliah tambahan yang saya ambil. Walau cuma 2 semester aja sih. Menurut saya, Bahasa Mandarin lebih sulit dipelajari ketimbang Bahasa Jepang. Soalnya pengucapan kata Bahasa Mandarin ada nadanya, panjang pendeknya. Beda nada, beda pula artinya meskipun katanya terlihat sama.

Spanyol 

Kalau Bahasa Spanyol saya iseng belajar sendiri dari internet. Tapi, baru bener-bener yang dasar banget, seperti misalnya belajar gender maskulin dan feminin pada kata benda. Alasan pengen belajar Bahasa Spanyol karena saat itu sedang suka dengan tim sepakbola Spanyol haha. Jadi, tertarik ingin belajar bahasanya juga. 

Korea

Bahasa yang terakhir ini baru-baru sekarang ini aja sih pengen pelajarin. Karena lagi hobi banget nonton drakor, jadi tertarik juga pengen bisa ngomong Bahasa Korea. Seenggaknya supaya bisa nonton drakor tanpa perlu liat subtitle-nya. Atau kalau lagi cari artikel berita artis Korea jadi lebih lancar karena bisa langsung baca tulisan Hangeul-nya.

Kalau kalian ingin menguasai bahasa apa aja?

2 comments:

  1. Semangat sisst, semoga terwujud, skrg aku sih yg ingin dikuasai bahasa Arab, xixiix, satu dulu biar lncar, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak Suci. Semangat juga yaa belajar bahasa Arab nya. Semoga cepet lancaar hehe

      Delete

Powered by Blogger.