Day 11: 5 Hal yang Biasa Dilakukan Saat Jenuh #BPNRamadan2021

April 23, 2021

Ada ngga sih yang ngga pernah jenuh? Hmm kayanya ngga ada lah ya. Semua orang pasti pernah jenuh. Terutama bagi yang punya rutinitas harian monoton dan itu-itu aja, biasanya lebih rentah jenuh. Suatu hal jika dilakukan secara terus menerus dan dalam frekuensi yang terus menerus dan durasi yang lama, lama-lama akan memudar point of interest nya dan memunculkan rasa jenuh. Bahkan untuk hal yang paling disukai sekali pun. 

Saya pun begitu. Apalagi saya orang yang cukup gampang bosan atau jenuh. Maklum Gemini heuhehe. Makanya sebentar sebentar saya perlu rehat sejenak untuk menjaga mood tetap bagus. Soalnya kalau udah terlalu jenuh biasanya butuh waktu lama untuk recovery-nya. Jadinya ngga produktif dan minim inspirasi.

Cara mengatasi jenuh dan mencari inspirasi bagi tiap orang berbeda-beda. Kebanyakan sih melakukan hal-hal yang disuka. Nah, kalau saya ada 5 hal yang sering saya lakukan kalau udah ada tanda-tanda jenuh dan butuh mencari inspirasi.

Main sama kucing

Ini cara yang paling gampang dan paling sering dilakukan. Kucing tuh ngga cuma mukanya aja yang polos dan bikin gemes, tapi ada-ada aja deh kelakukannya yang bikin ketawa tapi juga geleng-geleng. Biasanya saya suka ajak main bola kertas atau lidi. Dua benda itu jadi kesukaan kucing-kucing saya. Kalau dilempar bola atau dipancing dengan lidi, bisa langsung pada heboh dan rusuh deh. Hiburan banget. 

Netflix and chill and thrill

Nonton film atau series juga jadi obat jenuh saya. Biasanya kalau level jenuhnya masih tahap awal, saya nonton yang genre romantic comedy, seperti drakor. Biar banyak ketawanya dan adegan uwunya haha. Soalnya menonton adegan romantis, dipercaya bisa meningkatkan kadar kegembiraan karena efeknya mirip kaya orang yang merasakan jatuh cinta. Tapi beda lagi nih kalau jenuhnya udah sampe level cukup tinggi, saya malah lebih suka nonton film thriller atau horror. 

Memesan makanan kesukaan

"Let food be thy medicine and the medicine be thy food." -Hippocrates-

Adakah yang begini juga? Setelah makan makanan atau minuman kesukaan lama-lama mood jadi bangkit lagi. Biasanya kalau lagi jenuh kerja, saya rehat dulu dan pesan makanan kesukaan via delivery online lalu disantap sambil nonton film. Atau kalau lagi sempat ke luar, makan di restoran atau tempat makannya langsung lebih enak biar sambil jalan-jalan. Perut kenyang, hati pun senang.

Olahraga agar kembali semangat

Saat olahraga tubuh melepaskan hormon endorfin yang berfungsi menghilangkan rasa sakit, mengurangi stress, dan memberikan energi positif. Makanya olahraga bisa meningkatkan suasana hati. Biasanya saya memilih olahraga yang simple dan juga tentunya yang saya suka. Kalau lagi ingin olahraga yang banyak gerak, saya biasa joget joget cardio dance, lari, atau berenang. Tapi, kalau lagi ingin yang slow dan menenangkan pikiran, saya pilih yoga dan meditasi.

Bikin itinerary lalu liburan

Kalau yang ini sih jurus pamungkas. Dilakukan kalau udah bener-bener jenuh dan juga dompet yang cukup penuh. Langsung deh tuh bikin itinerary, pesen tiket, cari penginapan, dll. Atau kalau lagi kepepet waktu dan dompet, bisa juga kok liburan ke yang deket-deket aja dan budget-nya lebih hemat. Ngga harus yang jauh-jauh banget, yang penting beda suasana aja. Selesai liburan, pikiran jadi lebih fresh. Pikiran fresh, inspirasi jadi muncul lagi deh.

Nah, itu dia kegiatan yang saya lakukan kalau sedang jenuh dan butuh inspirasi. Gimana dengan kalian? 

1 comment:

  1. sama kurang lebih , mbak, tapi ngga suka main sama kucing, malah takut kucing, hahaha

    ReplyDelete

Powered by Blogger.