Day 2: Alasan Kenapa Mulai Ngeblog #BPNRamadan2021


Kalau kemarin ngomongin soal arti nama blog, sekarang saya akan cerita tentang alasan mulai ngeblog. Berbicara soal alasan ngeblog, kalau boleh ditarik jauh ke belakang sebenarnya adalah mungkin karena saya suka dengan tulis menulis dari zaman masih sekolah kali ya. Entah itu di buku diary yang bergembok atau di belakang buku tulis catatan pelajaran sekolah. Hayoo siapa juga yang pernah begini? Anak zaman sekarang masih kenal buku diary ngga ya?

Sebagai sarana berekspresi 

Sebagai seorang yang introver, saya cenderung sulit untuk mengungkapkan secara verbal. Entah kenapa sulit aja rasanya. Padahal di dalam pikiran sudah tersusun hal-hal yang ingin disampaikan, tapi begitu berbicara secara lisan seketika apa-apa yang ingin diungkap jadi menghilang satu persatu. Apapun kondisinya, bahkan dalam keadaan berbincang santai pun saya suka sulit untuk mengungkap apa yang ingin diungkapkan. Jadinya salah satu jalannya adalah dengan menulis. 

Diawali dengan menulis di buku diary. Apa aja yang ngga bisa saya ceritakan ke orang lain, saya tulis di buku diary. Kebanyakan sih hal-hal yang ngga penting memang. 

Seiring berubah zaman, diary saya pun berubah menjadi diary digital. Tapi belum dalam bentuk blog, masih dalam bentuk aplikasi yang di-instal di komputer. Bisa digembok juga pake password dan lebih aman karena ngga khawatir takut kebaca orang lain.

Makin ke sini saya mulai kenal dengan internet dan blogging. Akhirnya buku diary saya jadi bener-bener berpindah dalam bentuk blog. Yaaa, bisa ditebak dong blog pertama saya isinya kebanyakan curhatan keseharian dan juga ocehan fangirling haha. 

Sebagai kenangan digital 

Sebelum pandemi melanda, saya suka traveling ke kota lain di tanggal-tanggal merah nan kejepit. Traveling ala backpacker gitu deh. Selain diabadikan dalam bentuk foto, pengalaman traveling pun saya tuangkan di blog.  Jadi, kalau suatu saat lupa rasanya jalan-jalan, bisa sambil baca-baca blog lagi dan kenangannya teringat lagi. 

Tapi, ngga cuma sebagai memori digital aja, kalau nulis pengalaman jalan-jalan bertujuan juga untuk sharing informasi ke orang lain. Untuk mereka yang lagi cari inspirasi itinerary liburan atau review penginapan murah untuk backpacker. Semenjak pandemi jadinya cuti dulu sharing pengalaman traveling karena sampai sekarang belum berani untuk pergi jauh-jauh.

Mengasah kemampuan menulis

Semakin sering dilakukan maka akan semakin terbiasa. Begitu katanya. Walaupun saya udah cukup sering nulis, tapi tahun lalu saya sempat kehilangan mood ngeblog di blog ini. Rasanya bener-bener ngga ada ide harus menulis apa dan gimana. Nah, jadinya sekarang alasan saya ngeblog nambah lagi. Tahun ini saya niatkan pada diri sendiri untuk kembali rajin ngeblog bahkan berniat untuk meningkatkan kualitas blog ini sekaligus untuk mengasah kemampuan menulis saya. Termasuk menjadikan blog ini sebagai portfolio digital saya. 

Poin yang ke-3 ini kayanya lebih cocok sebagai alasan kenapa ngeblog lagi. Kembalinya saya ngeblog lagi sepertinya berkaitan juga dengan harapan untuk blog ini. Cerita selengkapnya akan saya jelaskan besok aja deh di postingan selanjutnya, karena masih berhubungan dengan tema challenge hari berikutnya. 

Segitu dulu alasan kenapa mulai ngeblog-nya. Terima kasih sudah mampir :)

No comments:

Powered by Blogger.