Day 7: Apa Targetmu di Tahun Ini? #BPNRamadan2021


Tema hari ini agaknya masih berhubungan dengan bahasan tentang pencapaian di postingan beberapa waktu lalu. Pencapaian dan target, keduanya saling berhubungan erat. Untuk bisa melakukan pencapaian, diperlukan target atau tujuan. Untuk mencapai target, tiap orang memiliki pilihan dan cara yang berbeda-beda. Dan setiap orang memiliki targetnya masing-masing dan tak bisa disamakan. 

Jika di tahun-tahun sebelumnya, saya ngga terlalu mematok adanya target di tiap tahunnya, mungkin tahun ini akan berbeda. Ya, saya akan memulai untuk membuat target dan akan lebih serius dalam menggapainya. Mungkin selama ini sebenarnya saya memiliki target, tapi karena banyak yang belum kesampaian jadinya terlewat begitu aja. Jadi, kurang kerasa seperti ada pencapaian gitu. 

Pentingkah memiliki target?

Selama ini saya membiarkan hidup saya mengalir gitu aja. Ngga ada target atau tujuan spesifik harus ini harus itu. Apalagi deadline untuk diri sendiri. Kecuali deadline kerjaan ya. 

Setelah dipikir-pikir kalau hidup seperti itu, kerasanya hanya sekedar lewat aja. Didn't live my life to the fullest. Saya mulai berpikir untuk memiliki target yang bisa diingat dan dicatat. Proses pencapaiannya pun bisa terasa dan terlihat.
 
Jadi, apakah memiliki target dalam hidup itu penting? Penting. Agar hidup memiliki tujuan yang jelas dan lebih terarah. Ibaratnya, hidup jadi memiliki checkpoint. Yang apabila suatu saat kita melihat ke belakang ada yang bisa dihitung.

Tapi, kalau memiliki target dan impian harus bersiap juga dengan rasa kecewa. Harus bersiap dan berlapang dada jika target kita ngga terpenuhi. Harus percaya bahwa Everything is Temporary.

Apa targetmu di tahun ini?

Kalau berbicara tentang target tahun ini hmm sebenarnya ngga banyak. Tapi, tetap perlu usaha semaksimal mungkin dan juga konsisten. 

Lebih produktif

Setelah setahun merasakan 'libur', saya harus bangkit kembali di tahun ini. Saya harus lebih aktif kembali menulis, baik di blog ini maupun di media lainnya. Saya ingin meningkatkan skill saya dalam menulis dan dunia perkontenan agar bisa lebih baik lagi. Mungkin belajar SEO, copywriting, atau cara mengambil foto yang bagus untuk blog adalah skill yang harus saya tambah. 

Saya ingin lebih memaksimalkan blog ini supaya bisa menjadi lahan cuan lainnya. Ikut serta dalam kompetisi-kompetisi blog dan bahkan memenangkanya juga jadi target saya tahun ini.

Berdamai dengan diri sendiri

Kalau untuk target yang satu ini benar-benar dibutuhkan niat dan usaha yang kuat. Ngga cuma itu, konsistensi juga memegang peranan yang penting dalam hal ini. Berdamai dengan diri sendiri artinya lebih mengenali diri sendiri. Mencari tau mengapa kita menjadi orang yang seperti sekarang ini dan bagaimana menghadapi emosi negatif pada diri kita. Lebih bisa merangkul diri sendiri. Menaruh kepercayaan pada diri sendiri. Mengetahui apa yang diri kita mau. Lebih mencintai diri sendiri. Bersyukur dengan apa yang dimiliki.

Jika sudah bisa berdamai dengan diri sendiri, diharapkan bisa berdamai dengan orang lain dan juga keadaan. Sehingga bisa lebih menikmati hidup dan mencapai ketenangan batin.

Itulah target saya tahun ini. Semoga bisa tercapai. Kalau kalian, apa target tahun ini?

No comments:

Powered by Blogger.