Kereta Api Serayu Pagi, Alternatif Transportasi ke Bandung yang Lebih Ekonomis


Selain KA Argo Parahyangan, jika ingin ke Bandung dengan menggunakan kereta api, KA Serayu Pagi bisa menjadi alternatif lainnya. Namun berbeda dengan KA Argo Parahyangan yang naik dan turunnya penumpang di Stasiun Bandung, kalau KA Serayu Pagi adalah di Stasiun Kiaracondong.

KA Serayu Pagi memiliki rute Pasar Senen – Purwokerto, dengan melewati dan berhenti di beberapa stasiun, termasuk Bekasi, Cikampek, Purwakarta, Plered, Cimahi, Kiaracondong, dan beberapa stasiun lainnya hingga pemberhentian terakhir di Stasiun Purwokerto.

KA Serayu Pagi ini termasuk kereta Ekonomi bersubsidi pemerintah, jadi harganya terbilang lebih murah dibanding KA Argo Parahyangan kelas Ekonomi.

Untuk ukuran kereta kelas Ekonomi, fasilitas KA Serayu Pagi terbilang standar. Kursi untuk penumpang saling berhadapan. Ada yang 3 kursi, ada yang 2 kursi.

Bagi yang pergi berombongan mungkin akan terasa lebih mengasyikan karena bisa berhadapan langsung mengobrol dengan teman atau keluarga. Tapi kalau yang di perjalanan hanya sendiri, mungkin akan terasa agak awkward karena berhadapan dengan orang asing. Walaupun mungkin juga bisa menjadi pengalaman baru bertukar cerita dengan orang di sebelah atau di depan kita.

Pukul 09.41 KA Serayu Pagi berangkat dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun Kiaracondong. Ini kali kedua saya naik kereta api ini dan kali ini saya sudah paham dengan denah tempat duduk di gerbong sehingga saya bisa mendapatkan kursi yang arahnya selaju dengan kereta, tidak mundur.

Tips: pilihlah kursi dengan angka ganjil, seperti 1,4,5,7,9,11, dst untuk mendapatkan kursi yang searah dengan laju kereta.

Suasana di gerbong KA Serayu Pagi cukup ramai dengan jumlah penumpang di tiap gerbongnya adalah 106 orang.

Sesekali petugas pramugara dan pramugari kereta api lewat untuk menawarkan makanan dan minuman kepada para penumpang. Ada juga yang menawarkan untuk sewa bantal. Jadi, kalau kalian ingin duduk dengan lebih nyaman bisa menyewa bantal cukup dengan harga 7ribu saja.

Di tiap kursi juga disediakan stop kontak yang bisa dipakai untuk mengecas hp, laptop, atau alat-alat elektronik kecil lainnya. Karena hanya disediakan 2 stop kontak sedangkan tiap kursinya bisa diisi lebih dari 2 orang, jadi harus bergantian memakainya.

No comments:

Powered by Blogger.