Day 25: Makanan Favorit saat Sahur #BPNRamadan2021



Semakin mendekati akhir Ramadan, semakin kehabisan pula ide menu sahur. Betul begitu ngga nih buibu? Ujung-ujungnya mie instan dan telur sebagai penyelamat dadakan kalau lagi males masak yang macem-macem. Tapi, khusus Ramadan tahun ini saya lebih berusaha untuk menghindari sahur dengan mie instan supaya lambung tetap aman. Ada beberapa menu favorit saya saat sahur yang sering disajikan saat udah mentok ide mau sahur pakai apa. Cara membuatnya pun mudah lho! 

Sayur oyong

Supaya terjaga tetap terhidrasi, disarankan mengkonsumsi sayur atau makanan berkuah saat sahur dan berbuka puasa. Saya bukan pecinta sayur, tapi ada beberapa sayur yang jadi favorit saya, salah satunya sayur oyong. Oyong memiliki berbagai macam nutrisi vitamin, dan mineral. Biasanya penyajian sayur oyong dicampur dengan bihun putih.

Sup telur

Kalau ingin makanan berkuah tapi dengan bahan minim dan anti ribet, sup telur jawabannya. Telur memiliki nutrisi protein yang lengkap. Mengkonsumsi telur saat sahur dipercaya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lemas saat berpuasa.

Tumis sosis pedas manis

Kalau bosan dengan menu sayur atau yang berkuah, menu tumis-tumisan bisa dicoba. Kalau menu tumis favorit saya sih tumis sosis pedas manis. Cara bikinnya gampang dan ngga pake lama. Tinggal potong-potong sosis, goreng dan tumis dengan bawang putih serta cabe, siram dengan saus sambal dan sedikit bumbu-bumbu. Oseng-oseng sebentar lalu jadi deh. Rasa pedas manis dan wangi bawang ditumisnya bikin jadi semangat santap sahur.
 
Tumis kornet

Lagi-lagi karena simple dan gampang dibuatnya, kornet jadi favorit saya untuk sahur. Ya karena rasanya juga enak sih. Apalagi saya memang suka dengan masakan tumis-tumisan. Meskipun termasuk makanan kaleng, kornet juga memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh lho! Seperti protein, zat besi, dan omega 3. Cara dan bahan untuk menumis kornet bisa disesuaikan dengan selera ya. 

Itu dia makanan favorit saya saat sahur. Kalau kalian apa aja?

No comments:

Powered by Blogger.