Day 20: Hikmah Puasa saat Pandemi #BPNRamadan2021


Selalu ada hikmah di balik setiap kejadian. Bahkan kejadian yang buruk sekali pun. Termasuk dari pandemi ini. Ramadan tahun ini, pandemi COVID-19 masih aja menghantui. Bedanya, sekarang agak lebih longgar ketimbang tahun lalu. Tahun lalu ngga ada sholat berjamaah dan juga kumpul-kumpul termasuk kumpul Lebaran. Semuanya serba virtual. Kalau sekarang udah mulai beradaptasi. Sholat tarawih berjamaah di masjid kembali diadakan. Begitu pun dengan acara kumpul-kumpul. 


Pengen cerita sedikit soal puasa saat pandemi ini. Tahun ini adalah kali kedua saya menjalani ibadah puasa benar-benar full dari rumah. Karena memang kantor saya belum beroperasi normal jadi ya masih WFH. Lalu, saya baru tersadar. Lagi-lagi hal kecil yang terlupakam membuat saya tersadar dan merenung. 


Sudah dua kali Ramadan saya bisa full buka puasa di rumah. Soalnya semenjak awal kerja tahun 2014, buka puasa di rumah adalah hal yang sangat langka. Iya, langka banget. Bahkan udah pulang buru-buru sekali pun, tetap aja ngga kekejar untuk bisa buka puasa di rumah. Selama bulan Ramadan, kantor saya menerapkan jam operasional yang sama, ngga ada jam pulang lebih cepat. Udah gitu rumah saya memang jauh dari kantor. Jadi, cukup menyita banyak waktu di jalan.


Tiap buka puasa saya harus buka puasa di kendaraan, entah bus atau kereta. Hanya ditemani dengan takjil berupa pisang, gorengan, atau lontong. Dulu sempat ada rasa sedih dan mungkin iri dengan orang-orang yang bisa buka puasa di rumah. Sedangkan saya setiap harinya selama Ramadan harus buka puasa di kendaraan. Sendirian. Eh, ngga deh, sama penumpang lainnya yang juga buka puasa di jalan.


Hmm, ya intinya puasa saat pandemi ada hikmahnya juga, yaitu saya bisa benar-benar menikmati momen puasa dan buka puasa di rumah. Karena mungkin aja suatu saat nanti saya akan rindu lagi dengan momen buka puasa di rumah.


No comments:

Powered by Blogger.