Kena Mata Ikan Tanpa Operasi? Begini Solusinya

September 09, 2019
Saya akan berbagi pengalaman kena mata ikan tanpa dioperasi. Ini bukan iklan. Sungguh. Cuma mau berbagi pengalaman yang bisa dibilang kurang mengenakan dan agak memalukan juga sih. Jadi, beberapa waktu lalu kaki saya kena klavus yang bahasa kerennya fish eye alias mata ikan wkwk. Rasanya bagaimana? Kalau yang udah pernah kena pasti tau rasanya, sakit kalau ditekan apalagi kalau yang kenanya di telapak kaki, pasti menyiksa kalau pakai sepatu atau dibawa jalan.

Asal mula kena mata ikan
Lupa tepatnya kapan, beberapa bulan lalu kaki saya awalnya kapalan di tulang yang dekat jempol. Mungkin karena pakai sepatu kesempitan lalu dibawa jalan jauh, jadi kakinya bergesekan dengan sepatu dan menimbulkan kulit keras yang menjadi kapalan. Seharusnya kapalan ga terasa sakit, tapi kapalan di kaki saya lama-lama sakit dan makin keras. Lalu berobat deh ke dokter. Kata dokter itu klavus, terjadi akibat virus. Terus sama dokternya dikasih salep dan obat antibiotik minum. Tapi karena masih males-malesan, obatnya ga dirutinin dan salepnya juga jarang dipakainya. Sakitnya pun udah ga terlalu berasa jadi ya gitu deh obatnya ditinggalin.

Beberapa bulan kemudian, setelah abis berjalan-jalan jauh, mata ikannya terasa sakit, malah jadi menyebar makin banyak. Awalnya cuma ada dua, terus tau-tau udah jadi sepuluh. Ternyata akarnya makin menyebar kalau didiemin aja ga dituntasin. Waktu itu sempet nanya ke dokter lagi, katanya mesti dioperasi kecil untuk angkat mata ikan beserta akarnya.

Denger kata operasi aja udah serem, ditambah lagi sempet browsing baca-baca pengalaman orang yang udah dioperasi mata ikan. Katanya sakit, pulihnya lumayan lama, atau setelah operasi mata ikannya bisa tumbuh lagi.

Proses penyembuhan
Karena ga mau operasi, saya coba untuk obatin sendiri dulu, yaitu pakai Callusol. Selama hampir seminggu saya pakai Callusol setiap pagi dan malam. Tiap malam sebelum pakai Callusol, kaki saya rendam dulu di air hangat campur garam. Sudah kurang lebih seminggu tapi mata ikannya belum menunjukan perubahan apa-apa. Malah jadi terasa makin keras.

Sempet udah mau nyerah dioperasi aja. Tapi, kemudian dapat info kalo pake plester mata ikan dari China banyak yang bilang berhasil. Saya pun cari plester ini di online shop, lumayan banyak yang jual dari toko obat China gitu. Harga per kotak sekitar 20 ribuan. Satu kotak isinya ada 6 plester.



Pertama saya beli 2 kotak, ga mau banyak-banyak dulu karena takut ga berhasil. Sebelum pakai plesternya, kaki saya direndam dulu di air hangat campur garam. Lalu ditempelin plesternya. Bulat-bulat merah mengandung Salicyl Acid jadi harus dipasang tepat di tengah-tengah mata ikannya.

Senin malam saya pasang plester hampir di semua mata ikan dan didiamkan hingga keesokan malamnya lagi. Selama pakai plester usahakan kaki jangan sampai kena air supaya kerjanya bisa maksimal.

Besok malamnya plester saya buka kemudian kaki direndam di air hangat campur garam. Baru seharian pakai udah terlihat ada mata ikan yang melunak dan bisa dikikis sedikit-sedikit. Habis direndam, kaki saya pakein plester lagi hingga 24 jam kemudian. Saya ulangi begitu terus sampai hari Kamis malam. 

Kamis malam saya rendam kaki lagi dengan air hangat campur garam. Si mata ikan mulai jadi warna putih lunak di sekitar matanya. Iseng-iseng saya cabut kulitnya eh mata ikannya ikut keangkat. Satu persatu saya coba cabut yang bagian kulit lunaknya, mata ikannya ikut keangkat. Dan itu rasanya ga sakit sama sekali. Tapi, harus hati-hati juga cabutnya, jangan dipaksa. Cabut kulit lunak warna putih yang sudah bener-bener lunak. Kalau masih agak keras nanti jadi susah dicabut dan malah sakit.

Pertama kali ada yang kecabut itu rasanya terharu wkwk waelah lebay. Terharu karena ternyata plesternya ampuh dan ga jadi operasi. Tapi habis dicabut memang nanti bagian yang kena mata ikan agak bolong sedikit dan lama-lama tumbuh kulit baru. Selama kurang lebih seminggu setelah copot, bagian-bagian yang kena mata ikan saya bersihkan pakai alkohol setiap malam dan pakai krim kaki supaya lembab.

Alhamdulillah sampai sekarang sudah sembuh dan ga balik-balik lagi tuh fish eye. Jangan sampe ngerasain lagi yang namanya mata ikan. 

Jadi, begitulah cara menyembuhkan mata ikan tanpa operasi. Mungkin efek yang dirasakan tiap orang berbeda-beda. Tapi, untungnya sama saya manjur dan banyak juga orang yang manjur pake plester ini.

No comments:

Powered by Blogger.