Rail Blogger Contest. Seru!

Akhir tahun lalu, saya berkesempatan diundang ke acara Rail Blogger Contest di Stasiun Cirebon yang diselenggarakan oleh PT. KAI dan IDN Times. Satu kata untuk acara ini: Seru! Mungkin karena ini adalah kali pertama saya ikutan di acara gathering writers seperti ini. Jadi, sejak bulan Oktober, PT. KAI bekerja sama dengan IDN Times mengadakan Rail Blogger Contest, yaitu sebuah lomba menulis artikel di IDN Times tentang perjalanan dengan kereta api. Pengalaman yang dimaksud di sini adalah perjalanan dengan kereta api jarak jauh, bukan commuter line, bukan juga kereta lokal. Para kontestan bebas menceritakan pengalaman menarik apa saja yang mereka alami saat menggunakan kereta api yang nantinya akan bisa dipublish di IDN Times. Dari ratusan artikel, nantinya akan dipilih 30 kontestan dengan artikel terbaik yang akan diundang ke acara puncak pengumuman pemenang di Stasiun Cirebon ini. Alhamdulillah saya jadi salah satu yang beruntung diundang ke sana.

Seminggu sebelum acara, saya dihubungi pihak IDN Times via WhatsApp bahwa saya diundang ke acara ini. Sempat berpikir ini takut penipuan karena agak gak percaya saya bisa lolos sampai ke tahap ini hehe. Tapi, ternyata ini beneran dan kemudian saya diundang ke grup Rail Blogger Contest dan bertemu dengan 29 kontestan lainnya.

Tibalah tanggal 5 Desember, pagi-pagi pukul 07.30 kami sudah berkumpul di Stasiun Gambir. Saya pun bertemu dengan beberapa kru IDN Times dan juga teman-teman kontestan lainnya. Kemudian pukul 08.30 kami pun berangkat dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cirebon dengan naik kereta Taksaka kelas eksekutif, relasi Gambir - Yogyakarta.

wefie para kontestan di Stasiun Gambir

Naik kereta api kelas eksekutif memang yang paling nyaman, apalagi sekarang KAI mulai mengubah hampir semua kereta dengan rangkaian terbaru yang body luarnya stainless steel. Kursi dan pijakannya lebih nyaman, lebih bersih, toiletnya ada 2 di tiap rangkaian kereta, dan untuk kereta makan interiornya lebih nyaman.

Ini pertama kalinya saya naik kereta api via jalur utara, ternyata memang laju kecepatannya lebih kencang dibanding dengan jalur selatan. Saya sendiri agak kesulitan saat berjalan menuju toilet dan juga diam di dalam toilet karena guncangan keretanya begitu terasa.

suasana dalam kereta Taksaka menuju  Cirebon
Sekitar 3 jam kemudian, yaitu pukul 11.29 kereta Taksaka sampai di Stasiun Cirebon. Kami para kontestan Rail Blogger beserta kru IDN Times turun dari kereta dan dipersilakan masuk ke ruang tunggu kelas eksekutif yang telah disulap untuk acara Rail Blogger Contest. Di sini sudah disiapkan berbagai hidangan untuk makan siang. Banyak macamnya dan rasanya enak. Hingga pukul 1 siang, kami dipersilakan untuk ishoma sebelum acara dimulai.

Tibalah pukul 1 siang, acara dibuka dengan talk show tanya jawab antara peserta kepada KAI dan IDN Times. Talk show selesai, dilanjutkan dengan yang bikin deg-degan yaitu pengumuman pemenang. Jadi, hadiah utamanya ada 3, untuk pemenang pertama akan mendapatkan uang tunai sebesar IDR. 8.000.000, pemenang kedua mendapatkan uang tunai IDR 5.000.000, dan pemenang ketiga mendapatkan uang sebesar IDR 3.000.000. Lalu untuk 10 besar terbaik akan mendapatkan golden ticket dari KAI, bebas untuk pergi kemana saja dan kapan saja dengan kereta api kelas Eksekutif selama persediaan kursi masih ada.

talk show dengan narasumber Pak Bobby (KAI) dan Kak Indra Zakaria (IDN Times)

sesi tanya jawab
Ga disangka-sangka, Alhamdulillah nama saya ada dipanggil untuk maju ke depan dan menerima golden ticket. Tau aja ya kalo saya butuh jalan-jalan gratis :)

pengumuman pemenang Golden Ticket

pengumuman pemenang utama

golden ticket. yay!
Setelah pengumuman pemenang, tiba juga sampai akhir acara, yaitu performance oleh guest star Sheryl Sheinafia yang membawakan beberapa lagu. Pukul 4 sore, acara Rail Blogger Contest berakhir dan dilanjutkan dengan acara bebas. Acara bebas ini kami pakai untuk berbelanja oleh-oleh dan jalan-jalan di sekitar stasiun. Ga sempat untuk jalan-jalan jauh karena pukul 6 sore kami sudah harus di Stasiun Cirebon lagi dan menunggu kereta pulang ke Jakarta.