Menginap di Lotus Losmen, Penginapan Backpacker di Sosrowijayan, Jogja

Sudah bukan rahasia lagi kalau Jl. Sosrowijayan adalah gudangnya penginapan para backpacker. Sepanjang jalan bakal ketemu tulisan losmen, homestay, penginapan, dan hotel. Banyak banget penginapan murah mulai dari 70 ribuan permalam, tergantung dengan fasilitas yang didapat. Di sini, cari penginapannya bisa on the spot atau booking dulu. Ada juga penginapan yang tidak bisa di-booking dan harus datang langsung saat hari H.

Kalau saya waktu itu ingin penginapan murah dengan fasilitas kamar mandi dalam dan TV, soal AC atau kipas bisa disesuaikan. Dan ketemulah Lotus Losmen. Letaknya memang agak berliku, masuk ke dalam gang-gang kecil. Tapi, tempatnya cukup nyaman dan pemilik losmennya, Bu Sari orangnya ramah banget. 

Dengan harga 120 ribu per malam, saya dapat kamar cukup luas, ada kamar mandi dalam lengkap dengan ember dan gayung, TV, kipas angin, handuk, dan sabun. Kalau mau sarapan bisa seduh teh atau kopi gratis. Kalau untuk kamar ber-AC harga per malamnya 150 ribu. Ada juga kamar tanpa kamar mandi dalam, harganya lebih murah tentunya.

kamar dengan kipas angin dan kamar mandi dalam

kamar mandi dalam

Beberapa minggu sebelum ke Jogja, saya booking dulu penginapan ini dengan menghubungi langsung ke pemiliknya, lalu DP dulu 100 ribu, sisanya dibayar nanti ketika sampai di penginapan. 

Karena di dalam gang dan agak pojokan, suasananya terasa tenang. Paling hanya kedengeran suara orang lewat di samping gang aja karena dapat kamar yang jendelanya ga bisa ditutup. Tapi dikasih semacam teralis kok, jadi aman ga ada bisa orang masuk. 

Keluar dari gang Sosrowijayan, bisa ketemu mini market lengkap dengan ATM di dalamnya. Kalau mau ke Malioboro atau ke halte Transjogja, Halte Malioboro 1 juga bisa dengan jalan kaki, mungkin sekitar 350 meter. Sepanjang jalan akan ada pedagang makanan, mulai dari angkringan, gudeg, sampai penyetan.

Lotus Losmen
Jl. Sosrowijayan Wetan Gg. 1 No.Blok GT-1/167, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta

2 comments:

Powered by Blogger.