My Very First Concert! Ed Sheeran Divide Tour 2019

When I was six years old I broke my leg
I was running from my brother and his friends
And tasted the sweet perfume of the mountain grass I rolled down
I was younger then, take me back to when I

Begitu denger kaya begini saya langsung lari sekenceng-kencengnya balik lagi menuju pintu 77. Padahal tadi niatnya mau cari minum karena tenggorokan udah kering banget. Terus ga jadi deh gara-gara Ed Sheeran udah mulai gonjrengin gitar dan nyanyi.

Sambil gelap-gelapan saya berusaha nyari tempat duduk. Untungnya ga susah-susah amat karena masih ada cahaya dari lighting panggung yang menyinari muka teman-teman saya yang duduk di bangku tribun wkwk.

Konser Divide Tour 2019 dibuka dengan lagu 'Castle on the Hill', salah satu lagu favorit saya. Kalo dengerin ini rasanya adem aja gitu sambil auto kebayang duduk di atas bukit luas. Lagu selanjutnya 'Eraser', ga begitu ngeuh sih sama lagu ini tapi ya enjoying aja karena dibawain langsung sama penyanyinya pasti kerasa enak aja. Nah, waktu lagu ke-3 nih 'The A Team' para penonton pada nyalain flashlight hp gitu di tengah gelapnya stadion. Jadi, berasa kaya ribuan kunang-kunang yang nonton. Keren sih waktu di sini

Dilanjutkan dengan lagu 'Don't, 'Dive', lalu pinjem lagu Justin Bieber 'Love Yourself'. Agak surprise waktu nyanyi lagu ini karena ga tau bakal dinyanyiin. Tapi, gapapa sih karena saya hapal lagu ini jadi bisa sing along sepanjang lagu.

sayang sekali lagu lama yang dibawain buka Lego House

Total ada 19 lagu yang dibawakan sama Ed Sheeran di konser ini. Dari 19 lagu, cuma beberapa apa aja yang bener-bener hapal.  Padahal pas albumnya baru keluar 2 tahun lalu, saya langsung dengerin sealbum full. Selama konser berlangsung saya sibuk pegang hp buat rekamin performance-nya Ed sambil sesekali diiringi teriakan tiap di akhir lagu atau awal lagu. Oh, jadi begini rasanya nonton konser. Seru! Walaupun jauuuuh banget dan penyanyinya pun benar-benar ga keliatan. Bahkan di layar pun ga begitu keliatan jelas. Jadi sebenernya gue nonton apaan dong ya hahaha. Tapi, atmosfernya kerasa beda aja sih kalo nonton konser. Kebawa sama euforia penonton lain juga dan nyanyi bareng-bareng itu asik. Anggaplah lagi karaoke.

beginilah pemandangan dari spot kami.. penyanyinya bagaikan terlihat di imajinasi saja wkwk

Tapi nonton konser begini ternyata memang asik. Bisa nyanyi bareng penyanyinya langsung dan atau teriak-teriakan. Lumayan kan buat ngilangin penat. Ini baru Ed Sheeran lho. Gimana kalo nonton Maroon 5??!

Beberapa jam sebelum konser

Rencananya jam 16.45 udah keluar kantor terus meluncur ke GBK. Tapi, apa daya ternyata jam 5 lewat hampir setengah 6 baru naik angkot menuju Stasiun Tanah Abang. Dilanjutkan dengan naik kereta arah Maja/ Serpong dan turun di Stasiun Palmerah. Alhamdulillah cuma satu stasiun. Jam 6 kurang, bertepatan sama adzan Maghrib, udah sampe di Stasiun Palmerah. Dari Stasiun Palmerah lanjut naik ojol masing-masing. Tadinya mau naik taksi online tapi ternyata macet banget dan dapet drivernya jauh. Akhirnya bersolo-solo alias sendiri-sendiri naik ojek.

Kebetulan saya dapet ojol duluan, jadi saya pun meluncur duluan ke GBK. Oiya, kami sempet bingung mau turun di gate mana. Di tiketnya ga begitu jelas keterangan gatenya/ kami yang ga ngerti ya? Akhirnya diputuskan untuk sama-sama ketemu di gate 7, deket FX.

Udah mencapai GBK, saya dan bapak ojol melewati gate 1. Keliatan banyak orang ramai-ramai pada kumpul. Ada spanduk Ed Sheeran Concert' juga. Lalu terjadilah percakapan antara saya sama bapak ojek: 

"Ada acara apa mbak?"
"Konser, Pak."
"Mbaknya tujuannya ke sana juga? Artis apa?"
"Iya, Pak. Artis barat gitu, Pak."
"Oh. Jangan sampe ketinggalan sholatnya ya, mbak."
Seketika langsung terharu masa diingetin gitu wkwkwk.
"Iya, Pak. Ini juga mau cari mushola dulu sih. Nanti kalo ada mushola saya turun di sana dulu aja deh, Pak."
"Iya, saya sekalian mau Maghrib juga."

Lalu berakhirlah saya turun di gate 3, yang kebetulan ada masjidnya. Agak ragu juga sih bener ga ya masuknya dari gate 7. Daripada bingung nyari dan ga keburu sholat. Akhirnya turun aja di sana.

Singkatnya, selesai sholat saya tanya soal map concert ke bapak-bapak petugas di masjid. Saya nanyanya gate 7 sih. Katanya masih jauh. Nanya lagi ke satpam, juga bilang begitu. Tapi, bisa kok kalo mau jalan kaki. Akhirnya saya jalan terus sampe gate 5. Mana udah ditelpon temen-temen juga, mereka udah sampe duluan di venue. Pas sampe di gate 5, untungnya ada salah satu kru konser. Terus disuruh naik shuttle aja buat ke tempat penukaran tiketnya. Alhamdulillah ga jadi jalan jauh.

GBK, 3 Mei 2019
Sampe di ticket box, udah ditungguin temen-temen lainnya wkwk. Udah rada panik kalo bakal telat. Ternyata ticket box ini tempat print e-tiket. Karena kami udah pada dicetak tiketnya jadi langsung masuk ke bagian pemeriksaan. Nah, ini dia yang paling seru.

Kenapa seru? Karena bagaikan dirazia guru BK. Di sini semua isi tas disuruh dipindahin ke kantong transparan biar keliatan isinya. Parfum, minyak kayu putih, botol minuman, dan teman-teminnya yang seperti itu harus dipisahkan, dikasih ke petugas, ga boleh dibawa masuk. Beruntung barang-barang bawaan saya ga ada yang disita. Karena emang ga keliatan juga sih, disimpan di dalem pouch dan pouch-nya ga diperiksa. Ternyata pemeriksaannya ga detail banget.

Udah diperiksakan isi tas, lalu tiba bagian razia baju buat ngecek kira-kira ada ga barang apa gitu yang diselipkan di baju. Petugas pemeriksanya disesuaikan sesuai gender.

Setelah itu, baru deh pemeriksaan tiket masuk dan pemberian wristband yang warnanya disesuaikan dengan section tiket yang udah dipesan.

ternyata gelangnya susah dicopot
Waktu di pemeriksaan terakhir ini, lagu opening dari One Ok Rock udah mulai kedengaran. Salah seorang temen yang memang fans band itu langsung lari sekencang-kencangnya menuju pintu masuk stadion. Saya jadi ikut lari kan. Diikuti juga sama dua orang temen lainnya. Kami pun terus berlari dan lari sampe ke pintu masuk stadion dan bertemu lagi dengan petugas. Oh, masih ada pemeriksaan lagi toh. Tapi, cuma sekenanya aja doang sih.

Kirain udah nyampe gitu ya, ternyata perjuangan belum kelar. Karena dilanjutkan dengan naik tangga ke tribun yang ga tau ada di lantai berapa. Ya, beginilah nasib beli tiket termurah. Mesti melewati banyak anak tangga untuk bisa ke tempat duduk.

Puluhan anak tangga sudah dilewati, tapi belum sampe juga ke nomor pintu yang tertera di tiket kami, yaitu pintu 77. Tenggorokan kering, betis pegel, napas setengah-setengah, akhirnya saya duduk dulu di tangga wkwkw cari oksigen. Dengan pegangan ke sisi tangga dan berjalan perlahan akhirnya sampe juga ke pintu 77. Diperiksain lagi deh tuh tiketnya bener ga buat yang di section itu.

Nah, udah di dalem pun masih harus naik tangga menuju ke tribun tempat duduk. Melewati bangku orang lain juga dengan jalan setapak yang sempit.

Begitu sampe di tempat duduk, langsung nyari air minum. Eh, ternyata ga bawa kan. Lalu lupa kenapa tadi ga beli aja dulu. Malah ikutan lari-lari masuk. Padahal Ed Sheeran-nya masih lama dan ga begitu kenal One Ok Rock.

Tapi, yaudah ikutan enjoy aja dengerin lagu-lagunya yang udah sedikit familiar karena didengerin hampir tiap hari sebagai playlist persiapan konser.

Kurang lebih begitulah pengalaman konser pertama saya. Seru dan penuh perjuangan, serta banyak menghasilkan peluh bercucuran.

No comments:

Powered by Blogger.