Pengalaman Berburu Tiket Kereta di KAI Expo, Apa Aja yang Harus Dipersiapkan?

                                      

Tahun ini KAI menggelar lagi travel fair, tapi kali ini agak mendekati akhir tahun, yaitu 3-4 November 2018 dan bertempat di Indonesia Convention Exhibition atau ICE BSD. Kebetulan tanggal segitu memang lagi ada urusan di daerah BSD, tanpa ragu lagi langsung deh meluncur dengan ojek online ke ICE yang letaknya ga jauh dari hotel tempat menginap.

Sampe sana sekitar jam setengah 10-an. Di loket masuk masih sepi, ga ada antrean malah. Agak aneh sih di pameran tapi ga ada antrian, tapi gapapa mungkin emang rejeki. Setelah beli tiket seharga 30 ribu dan juga dikasih map pameran, saya diarahkan ke ruangan satunya lagi untuk mengisi data di kertas pemesanan kereta. Nah, di sini ini saya membuang lumayan banyak waktu. Sempat bingung mau diisi berapa dan untuk ke mana aja, alternatif rute mana aja atau jadwal kereta yang jam berapa yang bisa dipilih kalau kalau pilihan utamanya udah full booked. Ada sekitar 1 jam mungkin diam dulu di sini mikir dan antre untuk menulisnya juga karena saya ga bawa pulpen.

Setelah itu pindah lagi ke ruangan lain yang ternyata itu adalah venue aslinya. Ada berbagai booth travel agent udah lumayan ramai dengan pengunjung. Nanya-nanya, muter-muter keliling venue sambil bawa gembolan tas sampe disangka langsung mau mudik habis beli tiket , akhirnya saya ikut di antrean terpanjang aja. Karena katanya di OTA ini diskonnya yang paling besar jadi antreannya paling panjang. Yaudah gapapa deh demi bisa liburan naik eksekutif murah ya kan.

Setengah jam, lalu satu jam berlalu, sampe akhirnya udah lumayan makin pendek antrean saya, tiba-tiba ada salah satu petugas yang kasih info ke para pengunjung kalo semua booth kasih diskonnya sama, ga perlu antre di booth tertentu untuk bisa dapet diskon sampe setengah harga lebih. Karena saya udah terlanjur antre di booth tiket.com jadi yaudah lanjut aja sampe tiba giliran saya menghadap mbak-mbak customer service

Oiya, sebelum maju ke customer service untuk dibantu pesan tiket, saya sempat ikutan kuis dari tiket.com, hadiahnya voucher potongan 100 ribu untuk sewa mobil.



Sampai di depan customer service, saya kasih kertas pesanan saya, dan bertanya-tanya tentang rute mana aja dan tanggal berapa aja yang masih available. Sayangnya rute dari Jakarta - Yogyakarta rata-rata sudah habis untuk tanggal 17 November, sisa kelas ekonomi yang harganya ga terlalu jauh beda dengan harga aslinya Akhirnya saya memilih rute Bandung - Yogyakarta pp kelas eksekutif dengan KA Argo Wilis yang memang masih available untuk tanggal segitu. Dan mau tau ga harganya berapa? 150 ribu dong kelas eksekutif untuk sekali jalan, padahal harga aslinya bisa 300 ribuan lebih. Di KAI Travel Fair 300 ribu udah bisa pp dengan kelas eksekutif.  Menang banyak dong saya. Ga sia-sia mengantri selama hampir 2 jam. Terima kasih KAI.

Ada beberapa tips nih yang mungkin bisa dipakai untuk persiapan KAI Expo tahun depan:
  1. Catat destinasi tujuan kalian dan juga KA apa serta jam keberangkatan yang kalian inginkan. Misalnya, tujuan Yogyakarta naik Taksaka Malam. Siapkan juga alternatif jadwal lain untuk berjaga kalau jadwal yang dimaksud sudah penuh kursinya.
  2. Bawa pulpen sendiri, supaya lebih hemat waktu dan ga menunggu giliran meminjam pulpen dengan orang lain. Jangan terpaku di form awal.
  3. Banyak bertanya, kalau ngga nanti sesat mengantri.
  4. Kalau pesan kereta ga terlalu banyak, sebaiknya siapkan uang cash.
  5. Datang lebih pagi lebih baik, biar ga antri terlalu lama.
  6. Kalau bisa hadiri pameran yang hari pertama biar masih banyak kuota kursi yang tersedia.
  7. Sebaiknya ajak teman biar bisa berpencar dan cari-cari informasi lainnya atau kalau beruntung dapat souvenir dari booth-booth lain. 

No comments:

Powered by Blogger.