Finding Kupo


Kehilangan. Kehilangan lagi. Kehilangan kucing lagi. Mungkin emang udah saatnya, udah habis masanya dirawat sama aku dan orang rumah. Karena memang semuanya cuma titipan kan? Mungkin udah saatnya Kupo dirawat lagi sama keluarga lain. Tapi, ya tetep aja sedih sih kalo diinget-inget dari pertama. Gimana dulu bisa ketemu si kucing abu-abu ini dan memutuskan untuk merawatnya. Gimana yang awal-awalnya masih biasa aja sampe udah sayang banget. Dari yang awalnya suka kabur-kaburan kaya kucing jalanan sampe jadi kucing penurut yang lebih banyak diem di rumah, ngadem di kolong atau pojokan di atas baskom. Sedih banget rasanya. Khawatir juga. Kupo udah dianggap bagian dari keluarga, bukan sekedar kucing peliharaan. 


kucing duduk

Malam itu, hari Minggu 9 September kami pergi ke luar, biasanya Kupo ditaruh di dalam rumah kalo orang rumah lagi pergi. Tapi malam itu adik aku yang belakangan berangkatnya dan sudah buru-buru ga sempat masukin Kupo ke dalem rumah. Biarpun ga di dalam rumah, Kupo biasanya suka duduk-duduk di teras aja, atau ga jauh mainnya di sekitaran rumah atau depan rumah tetangga.Kalau mendengar ada kami pulang, biasanya dia langsung nongol dan lari ke depan pintu, semacam menyambut kami atau mungkin langsung meminta makan, Tapi malam itu waktu kami pulang, Kupo ga terlihat di mana-mana, mungkin dia lagi main di tetangga, nanti juga pulang dan muncul di depan pintu rumah. Akhirnya sampai besok pagi, Kupo belum juga kelihatan. Aku mulai khawatir. Ga mungkin dia nyari kucing cewe, karena dia sudah dikebiri. Dan selama habis dikebiri dia ga pernah main jauh-jauh atau pun lama berada di luar rumah. Sambil memanggil-manggil namanya dan bunyiin kantong makanannya, dia belum juga muncul.

gogoleran depan teras

Sampai hari ini, sudah seminggu lebih, memasuki hari ke-9 sejak Kupo menghilang belum juga menemukan titik cerah. Udah dicari-cari ke sekitaran lingkungan rumah, muterin tiap gang sekitar, dan nanya ke orang-orang. Ada yang bilang malam itu selepas Isya ada yang liat Kupo lagi duduk deket portal gang rumah. Setelah itu ga ada yang liat lagi ke mana.

Sedih? Khawatir? Nangis? Capek? Sudah pasti. Sedih mikirin dia di luar nasibnya gimana? Khawatir dia kepanasan, kehujanan, takut diganggu orang jahat. Terus makanannya dia gimana? Selama ini dia makan makanan khusus diet urinary karena dia sudah 2x kena FUS. Banyak banget hal yang aku khawatirkan, karena Kupo biasanya udah hidup enak di tempat yang adem dan ga perlu susah-susah cari makan. Selama habis dikebiri dia jadi kucing yang lebih manja dan suka bermain kaya kitten. Bukan kaya kucing jalanan yang sangar dan bisa lebih bertahan hidup di luaran. 

kucing dalam baskom

Tapi seseorang bilang ke aku, cukup menenangkan, "Kan ada Allah yang jaga Kupo." Banyakin tarik napas yang panjang dan berdoa semoga Kupo baik-baik saja di mana pun dia berada. Selalu dimudahkan dalam mendapatkan makanan dan juga dilindungi dari orang-orang jahat. Kalau dia ketemu orang baru yang mau merawatnya semoga aja bisa sayang banget sama Kupo dan bisa mencukupi semua kebutuhannya. Tapi, melantunkan doa supaya dia bisa kembali pulang ke rumah dengan sehat dan bisa dirawat sama aku lagi masih menjadi doa yang utama. 

Tetep aja masih ada yang kurang setiap pulang ke rumah. Kalo buka pintu, selalu yang dicari paling utama ya si kucing satu ini. Begitu pun kalo bangun tidur. Bahkan biasanya kalo subuh-subuh Kupo suka bangunin aku untuk minta makan. Kadang naik ke tempat tidur, atau naik ke atas lemari, pokonya dia kaya yang cari perhatian gitu biar aku bangun. Ah, kan jadi kangen :(

muka innocent

muka garang


Saat ini aku berada di titik masih berharap keajaiban itu ada dan Kupo akan balik ke rumah, tapi sudah lebih pasrah. Kalo memang masih rejeki untuk merawat Kupo, maka Kupo bisa balik lagi ke rumah, entah bagaimana caranya. Kalo sudah bukan rejeki lagi, semoga Kupo baik-baik dan sehat selalu dan juga bisa menemukan keluarga lain yang bisa sayang sama Kupo.


[UPDATED]

Alhamdulillah, tepat 9 Oktober 2018, ngepas banget sebulan setelah dia ngilang entah kemana, Kupo's coming back home. Pas subuh tiba-tiba muncul di teras depan rumah, begitu pintu dibuka dia langsung masuk. Begitu masuk dia terus mengeong-ngeong, dikasih makan lahap banget kaya yang kelaparan, sampe bunyi gitu makannya.

Terharu hura banget, ga nyangka dia bakal balik. Kaya mimpi sih. Kupo jadi kelihatan kurus dan ada botak di punggung dan telinganya. Pas dicek ternyata banyak banget kutu di mana-mana. Efek sebulan di jalanan huhuhu.

No comments:

Powered by Blogger.