Blindness (2008)


Look to the future while you still can
Seorang pengendara mobil menghentikan kendaraannya di tengah jalan sehingga membuat lalu lintas terhambat. Orang-orang menghampirinya untuk menanyakan apa yang terrjadi. Ia pun berkata bahwa ia tiba-tiba menjadi buta dan minta diantarkan pulang ke rumah untuk bertemu istrinya. Seorang pria pun bersedia mengantarkannya yang kemudian ternyata bertujuan mencuri mobil pria buta ini. Sesampainya di rumah, sang istri mengantarkan pria buta ini ke dokter mata untuk diperiksa. Setelah diperiksa, dokter mata tersebut tidak menemukan keanehan pada mata sang pria buta. Ia memberikan surat rujukan ke rumah sakit kepada pria buta agar bisa mendapat pemeriksaan dan tes lebih lanjut. Kemudian sang dokter melanjutkan untuk memeriksa pasien yang lainnya.

dokter dan istrinya menjadi pasien pertama yang dikarantina di rumah sakit
bangsal menjadi penuh sesak
Keesokan harinya, sang dokter mata juga mengalami hal yang sama. Matanya tiba-tiba tidak bisa melihat, hanya cahanya putih seperti susu yang ia lihat. Persis seperti apa yang dikatakan oleh pria buta yang kemarin ia periksa. Hal ini sangat aneh, karena biasanya orang buta hanya melihat kegelapan hitam kelam, bukan berupa cahaya putih. Merasa ada yang tidak beres, ia segera menghubungi rumah sakit untuk minta dikarantina karena fenomena ini dapat menyebar. Istri dokter memutuskan untuk berpura-pura buta agar dapat menemani suaminya di rumah sakit tua tempat ia dikarantina meskipun ia beresiko dapat tertular. Seketika orang-orang di kota tersebut banyak yang menjadi buta, membuat rumah sakit yang tadinya hanya berisi dokter dan sang istri lambat laun semakin dipenuhi banyak orang.

istri dokter menjadi satu-satunya orang yang tidak terinfeksi

Bisa dikatakan hampir sebagian warga kota pindah ke rumah sakit ini dan ditempatkan di tiap bangsal yang ada. Di sini mereka harus berjuang bertahan hidup karena perlahan pemerintah hanya dapat membantu memasok makanan dengan seadanya. Ada sebuah bangsal yang bertindak sebagai penguasa, mereka memeras orang-orang dari bangsal lain jika ingin mendapatkan makanan. Lama kelamaan orang-orang mulai lelah dengan keadaan mereka dan situasi menjadi kacau hingga menyebabkan kebakaran di rumah sakit tersebut. Beberapa orang yang selamat termasuk sang dokter dan istrinya, berhasil keluar dari rumah sakit dan mencari tempat untuk mereka melanjutkan hidup. Istri sang dokter yang tidak terinfeksi menjadi penuntun bagi mereka. Ternyata kota tersebut bagaikan kota mati, sangat berantakan dan seluruh orang telah menjadi buta.

Doctor's wife becomes their leader

like a dead city
Film yang diadaptasi dari novel ini cukup menegangkan dengan plot cerita yang agak sedikit gelap. Bisa dikatakan film ini adalah versi hipster dari zombie apocalypse. Mereka saling berebut makanan dan hal-hal yang dapat menopang hidup mereka. Salah satu yang unik dari film maupun novel ini adalah tidak ada satu nama pun digunakan untuk penamaan karakter.

Rating: 8/10


No comments:

Powered by Blogger.